Membangun Usaha tidak harus dengan menyewa tempat ataupun di pasar, akan tetapi dengan memanfaatkan rumah anda sebagai tempat membuka usaha yang akan anda jalani. Kali ini ide wirausaha kreatif akan memberikan tips memanfaatkan rumah sebagai tempat membuka usaha.
Tips memanfaatkan rumah untuk usaha yaitu :
Melihat Situasi Rumah
Ini bukan masalah rumah Anda bagus atau tidak, namun lebih ke fungsional dari setiap sudut ruangan maupun pekarangan di rumah anda. Sebelum memulai memilih jenis bisnis di rumah, kami sarankan untuk mengkondisikan rumah dalam kodisi sebaik mungkin.
Mekanismenya yaitu merapikan bila ada barang yang berantakan atau kurang rapi, letakkan barang pada tempatnya, misalnya barang yang tak terpakai segera taruh di gudang, yang pasti tata ruang dalam rumah harus tertata dengan benar agar menimbulkan mood untuk bekerja.
Keluar dari tata ruang rumah, lihatlah pekarangan beserta isinya, adakah barang atau tanaman yang tak membawa manfaat, segera singkirkan.
Kini pikiran anda adalah pikiran bisnis dan Anda ingin menjalankan bisnis rumahan untuk pemula. Maka pastikan semua barang, tempat, tata ruang sesuai dengan fungsinya. Untuk ruangan rumah yang tak terpakai tentu bisa kita simpulkan usaha apa yang cocok, apakah untuk toko, les prifat, sebagai ruang kerja online. Atau bisa juga menyimpan stok barang dan lain sebagainya.
Agar terlihat mana ruang yang bisa dimanfaatkan, bila ada lahan misal sepuluh meter persegi di belakang rumah, maka usaha seperti ternak ikan bisa anda jadikan peluang usaha, Untuk usaha ternak ikan bisa anda lihat disini.
namun tetap perhatikan lingkungan sekitar, ternak ayam juga bisa membawa manfaat, dari pada banyak ruang kosong dipekarangan anda. Untuk Peternakan ayam bisa anda lihat disini.
Atau mungkin bisa juga membangun kios ukuran kecil untuk berjualan yang minim persaingan seperti pakan burung, pakan ikan, sangkar burung atau kurungan, dan masih banyak lagi. Yang pasti jangan selalu monoton dalam melihat peluang yang ada, pilihlah ide usaha yang lebih kreatif untuk menciptakan pasar baru.

Pilih jenis usaha sesuai kemampuan
Sering berkunjung ke rumah teman yang ruangan kosong dalam rumahnya dimanfaatkan untuk usaha. Dan ternyata banyak sekali usaha yang bisa dijalankan meski di dalam rumah, dan tak jarang, orang tidak menyangka bahwa di dalam rumah tersebut ada aktifitas usaha.
Banyak jenis usaha rumahan seperti industry jajanan skala kecil, usaha persewaan alat-alat elektronik seperti handycam dan kamera, aktifitas pengepakan makanan dan masih banyak lagi. Saya hanya menyarankan untuk memilih usaha yang nampak sesuai dengan minat saja. Karena untuk usaha yang diluar jangkauan kemampuan kita, tentunya ujian mental terkadang terasa berat, terkecuali bila kita memang memang punya mental baja.
Usaha jasa jga cukup menarik untuk dicoba bila kita memang cukup ahli di beberapa bidang seperti mengajar, mencukur rambut, memperbaiki komputer, dan lain sebagainya.

Semoga sedikit tips diatas dapat bermanfaat.
Terimakasih telah bersama kami di Channel Ide Wirausaha Kreatif.

Read more

Setidaknya ada 5 hal penting yang bisa Anda pertimbangkan saat ingin membeli rumah yang tentu kedepannya akan menjadi investasi yang tepat bagi Anda dan keluarga.

  1. Lokasi merupakan faktor utama dan penting yang harus dipertimbangkan sebelum Anda membeli rumah. Lihat lingkungannya yang mungkin dekat dengan kantor Anda, sekolah anak, bandara, jalan raya, stasiun dan lainnya. Mungkin tak semua bisa di dapat dalam lokasi yang Anda pilih, setidaknya memiliki lokasi rumah yang dekat dengan tempat kerja dan sekolah anak-anak akan lebih baik
  2. Sesuaikan dengan budget bisa berawal dari target. Misalnya, rumah seperti apa yang Anda dan keluarga Anda inginkan? Rumah di pinggir jalan? Rumah mewah? Atau rumah sederhana dengan desain minimalis masa kini? Apapun itu, buatlah secara detail mengenai hunian impian bersama yang kemudian bisa disesuaikan dengan kondisi finansial keluarga.
Read more

Sudah sejak lama orang menggadang-gadang rumah sebagai salah satu komponen investasi. Itu sebabnya banyak yang memaksakan membeli rumah, walau tidak untuk ditinggali, dan justru beralasan untuk diinvestasikan.

Nah, investasi rumah memiliki banyak bentuk, yang masing-masing menyajikan keuntungan dan penanganan yang berbeda.
Jual-beli. Anda membeli rumah, merenovasi, lalu menjual. Keuntungan Anda berasal dari selisih harga beli dan biaya renovasi dengan harga jual. Keuntungan lebih besar tentu dapat Anda peroleh bila ternyata rumah memiliki harga yang miring atau di bawah harga pasaran, kondisinya cukup bagus sehingga tidak perlu atau minim renovasi, plus rumah tersebut tidak “bermasalah”. Yang dimaksud masalah di sini adalah rumah yang misalnya memiliki posisi tusuk sate, dekat kuburan, akses jalanan sulit, banjir, dan sebagainya. Nah, bila Anda memiliki dana terbatas untuk investasi rumah dalam bentuk jual-beli, hindari spekulasi membeli rumah bermasalah. Pasalnya, kalau Anda saja sudah melihatnya sebagai masalah, calon pembeli rumah Anda juga berpikiran sama. Dalam kata lain, Anda harus bermain aman, dan lakukan spekulasi yang terukur.

Read more